Titik Sudut

Jun 13,2017

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul “Sisi dan Rusuk”. Tulisan ini muncul atas permintaan salah satu guru SMP di Jawa Barat. Beliau perlu pencerahan tentang konsep titik sudut pada bangun ruang. Saya tidak tahu pada bagian mana beliau bingung. Tapi saya menduga beliau rancu karena istilah “titik sudut” digunakan pada bangun datar dan pada bangun ruang dengan pengertian yang berbeda. Tapi itu duguaan saya. Namun demikian tanpa harus menduga-duga faktor penyebabnya, saya coba menjelaskan pengertian “titik sudut” pada bangun datar dan pada bangun ruang. Sebelum membaca tulisan ini saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu tulisan saya sebelumnya dengan

Read More…

Sisi dan Rusuk

Jun 12,2017

Tulisan ini muncul atas permintaan salah satu guru SMP di Jawa Barat. Beliau perlu pencerahan tentang konsep titik sudut pada bangun ruang. Saya tidak tahu pada bagian mana beliau bingung. Tapi saya menduga beliau rancu karena istilah “titik sudut” digunakan pada bangun datar dan pada bangun ruang dengan pengertian yang berbeda. Tapi itu duguaan saya. Namun demikian tanpa harus menduga-duga faktor penyebabnya, saya coba menjelaskan pengertian “titik sudut” pada bangun datar dan pada bangun ruang.Baca lengkap? Klik disini

Read More…

Akar Suatu Bilangan

Jun 11,2017

Pada banyak pertemuan dengan guru, salah satu hal yang menarik untuk dikonfirmasikan adalah pemahaman guru tentang akar suatu bilangan tak negatif. Seringkali saya mendapatkan fakta bahwa akar 4 itu akan difahami oleh sebagian besar guru sama dengan 2 atau -2 bahasa lainnya adalah plus minus 2 . Tentu hal ini menjadi hal penting yang perlu diluruskan. Lanjut baca? klik

Read More…

Definisi Persamaan Kuadrat

Jun 11,2017

Jika saya ketemu guru-guru pada berbagai kesempatan (PLPG maupun pelatihan) dan saya tanyakan pengertian persamaan kuadrat, mayoritas (lebih dekat pada seluruh guru) menyebut persamaan kuadrat adalah persamaan yang pangkat tertinggi variabelnya adalah pangkat 2. Jawaban yang lain tapi esensinya sama adalah:”persamaan yang variabelnya berderajad 2”. Kalau saya lanjutkan bertanya, “dari mana definisi itu?” Mereka mayorotas menjawab, “ya sejak dulu begitu, saat saya sekolah guru saya memberi tahu begitu, di buku-buku juga begitu”. Pertanyaan saya lanjutan; “apakah Bapak/Ibu juga menyampaikan begitu pada siswa Bapak/Ibu?”. Mayoritas menjawab “ya, karena itulah yang saya fahami selama ini”. Ada dua masalah yang terjadi, yaitu (1) gurunya

Read More…